RENCANA
PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Satuan pendidikan
|
SMA
Negeri 1 Singaparna
|
Kelas / Semester
|
12 / Semester 1
|
Jumlah Pertemuan
|
1 pertemuan ( 1 X 40 menit)
|
Tugas Perkembangan 6
|
Mengembangkan
pengetahuan dan keterampilan untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran
dan/atau mempersiapkan karir serta berperan
dalam kehidupan di masyarakat
|
Rumusan Kompetensi 6.3
|
Memiliki
kesadaran dan dorongan kuat untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan yang
menjadi program sekolah
|
1.
Materi/Topik Bahasan
|
Orientasi
di Kelas 12 Semester 1
|
|
2.
Bidang
Bimbingan
|
Belajar
|
|
3.
Jenis
Layanan
|
Orientasi
|
|
4.
Fungsi
Layanan
a.
Fungsi
KES
|
Pemahaman ,
Peserta didik memahami ,kegiatan belajar , jenis tugas dan karateristik mata pelajaran di kelas 12
|
|
b.
Fungsi
KES-T
|
Pencegahan,
peserta didik dapat mencegah terjadinya salah penyesuaian di kelas 12
|
|
5.
Tujuan Layanan
|
a.
Sikap
1)
Sikap
spiritual, peserta didik dapat mempraktikan kegiatan berdoa dan bersyukur
2)
Sikap
Sosial, peserta didik dapat mempraktikan sikap kerjasama, disiplin, jujur.
|
|
b.
Pengetahuan
1)
Peserta
didik dapat menyebutkan mata pelajaran yang ada di sekolah
2)
Peserta
didik dapat mendeskripsikan karakteristik mata pelajaran
3)
Peserta
didik dapat mengidentifikasi 5 jenis kegiatan ulangan/ ujian yg ada di sekolah
4)
Peserta
didik dapat mendeskripsikan manfaat kegiatan bimbingan belajar di sekolah
|
||
c.
Ketrampilan
Peseta didik dapat
menentukan kiat-kiat sukses belajar di kelas 12
|
||
6.
Sasaran
Layanan/Semester
|
Kelas
12
|
|
7.
Tempat
Penyelenggaraan
|
Lingkungan
Sekolah
|
|
8.
Waktu
Penyelenggaraan
|
Minggu
ke 3 Juli 2014 (saat kegiatan MOPD)
|
|
9. Penyelenggara Layanan
|
Guru
BK
|
|
10. Pihak-pihak
yang Dilibatkan
|
Waka
Kurikulum Sebagai sumber informasi
|
|
11. Metode
|
Brainstorming,
Tanya jawab, diskusi
|
|
12. Kegiatan
|
||
a. Pendahuluan
|
1) Mengucapkan salam dan berdoa
2) Menanyakan kegiatan sebelumnya,
3) Mengapresiasikan kehadiran .
4) Guru
menyampaikan tujuan layanan
5) Guru
mengadakan ice Breaking
|
|
b. Kegiatan Inti
|
||
1) Merasa
|
Guru
meminta peserta didik mengungkapkan perasaannya ketika naik kelas.
|
|
2) Berfikir
|
a)
Guru
mengadakan Tanya jawab tentang mata pelajaran di kelas 8
b)
Guru
mengadakan Tanya jawab tentang jenis-jenis ulangan dan tugas
c)
Guru
mengadakan brainstorming tentang karakteristik masing masing mata pelajaran
|
|
3) Bersikap
|
a)
Guru
mengajak peserta didik membangun sikap spiritual dengan bersyukur kepada
Tuhan yang Maha Esa karena sudah naik kelas. .
b)
Guru
mengajak peserta didik membangun sikap disiplin dengan merapikan pakaian,
merapikan rambut, memperhatikan kegiatan, dan mengerjakan tugas
c)
Guru
mengajak peserta didik saling bekerja sama dengan diskusi kelompok untuk mendeskripsikan
karakteristik mata pelajaran, yang meliputi tingkat kesulitan dan lain-lain
|
|
4) Bertindak
|
Guru meminta peserta didik
mendiskusikan kiat-kiat sukses belajar
(ujian) di kelas 12
|
|
5) Bertanggung jawab
|
a)
Guru
meminta peserta didik mengkomunikasikan
tugas menyusun kiat-kiat sukses di kelas 12.
b)
Guru
meminta peserta didik membuat komitmen untuk mewujudkan kiat-kiat sukses belajar
di kelas 12
|
|
c. Penutup
|
a)
Guru menyimpulkan kegiatan bersama peserta didik
b)
Guru
mengajak peserta didik merefleksi kegiatan dengan menanyakan kemanfaatan dan
kebermaknaan kegiatan
c)
Guru
menyampaikan pengumuman tentang tugas
dan kegiatan minggu depan
d)
Guru menutup
pelajaran dengan
mengajak peserta didik bersyukur dan mengucapkan salam
|
|
13.
Sumber/Bahan dan
Alat
|
||
a. Sumber/bahan
|
Dokumen
kurikulum tahun 2014/2015
|
|
b. Alat
|
Lembar tugas
diskusi, LCD,
|
|
14
Rencana Penilaian
|
||
a. Penilaian Hasil
|
1)
Understanding ( Pengetahuan/Pemahaman baru)
Tes
Lisan
2)
Comfortable (Sikap/Perasaan Positif)
Observasi
3)
Actian ( Tindakan (ketrampilan)
Tes
Tertulis (tugas tertulis).
|
|
b. Penilaian proses
|
1)
Keseuaian program
2)
Antusiasme peserta didik
3)
Ketersediaan sarana
4)
Kebermanfaatan dan kebermaknaan kegiatan
|
|
15. Tindak
lanjut
|
Memberikan
layanan lanjutan bagi peserta didik yang mengalami masalah kurang mampu
menyesuaikan diri di lingkungan sekolah yang baru.
|
|
Tasikmalaya, Juli 2015
Mengetahui dan
Menyetujui
Kepala
Sekolah Guru
Bimbingan Konseling
Drs.Anda Sujana, M.Pd Apep
Zenal Mustofa, M.Pd
NIP.
19600507 198903 1 004 NIP. 19740105 2005011011
MATERI LAYANAN
ORIENTASI BELAJAR DI KELAS 12
1.
Pengertian Belajar
Belajar adalah
usaha untuk mengubah tingkah laku ke arah yang positif, yakni dari tidak tahu
menjadi tahu, dari tidak paham menjadi paham, jadi tidak mengerti menjadi
mengerti, dari tidak terampil menjadi terampil, dari sudah tahu menjadi lebih
tahu, dari sudah terampil mentadi lebih terampil, dari sudah beriman menjadi
lebih beriman.
2.
Kegiatan belajar mengajar di Sekolah
a. Meliputi kegiatan teori ,
praktik dan pemberian tugas
b.
Kegiatan Teori contohnya : ceramah oleh guru didepan kelas, Diskusi
kelompok, Tanya jawab,
c.
Kegiatan Praktik contohnya : Praktik Olah raga, praktik
ketrampilan , Praktik Seni Musik, praktik seni tari, dll
d.
Pemberian Tugas misalnya: PR, Tugas mengarang, Tugas Observasi,
tugas membuat karya tertentu, tugas membuat ringkasan, tugas menghafal, dan
tugas-tugas yang lain.
3.
Kriteria ketuntasan minimal
(KKM) di SEKOLAH .......................
Kriteria ketuntasan minimal (KKM) adalah nilai minimal
yang harus dicapai di setiap mata pelajaran, di SEKOLAH .......................
KKM nya 75
Bagi yang
belum mencapai nilai sesuai KKM akan di tindak lanjuti dengan kegiatan
perbaikan
( tes
perbaikan/her/ mengulang ujian)
4.
Nilai yang diperlukan untuk kenaikan kelas.
6 Nilai tugas & ulangan harian + 2 Nilai mid semester + 2 nilai
akhir semester
10
Berdasarkan rumus diatas, maka setiap ada tugas dan ulangan wajib
di kerjakan, karena tidak mengerjakan tugas berarti nilainya akan berkurang.
7.
Kriteria kenaikan kelas di SEKOLAH15 .......................
a.
Berkepribadian baik
b.
Kehadiran di sekolah 95 % ( jadi tidak boleh sering tidak masuk
sekolah/alpha)
c.
Nilai yang di bawah KKM maksimal 3 mata pelajaran
d.
Rata rata nilai minimal 75
8.
Langkah-langkah yang harus di tempuh agar sukses belajar di kelas 9 antara lain
a.
Cermati nilai-nilai yang dibawah KKM/ atau cenderung rendah
b.
Beri porsi belajar yang lebih terhadap mata pelajaran yang
nilainya rendah
c.
Buat target
d.
Disiplin mengikuti pelajaran dan mengerjakan tugas
e.
Mengikuti kegiatan tambahan belajar dengan tekun dan tertib
seperti les, bimbingan belajar, try out, gladi soal dll
f.
Mengurangi kegiatan kegiatan yang dapat menganggu konsentrasi
belajar,seperti kebanyakan nge-game, keluyuran, melakukan aktivitas berbahaya
g.
Kerja keras dan berdoa
h.
Mengantisipasi timbulnya persoalan dan melibatkan pihak lain dalam
memecahkan masalah seperti guru, orang tua, teman dll.
9.
Tugas
Setiap manusia pasti punya masalah, begitu juga deangan murid,
pasti punya masalah terutama yang menghambat kesuksesan belajar. Untuk itu tulislah masalah yang kamu hadapi, agar dapat
dicarikan solusi yang terbaik.
EVALUASI
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
BIDANG
BIMBINGAN : BELAJAR
JENIS
LAYANAN : ORIENTASI
TOPIK : ORIENTASI BELAJAR DI KELAS 12
Berilah
jawaban atas pertanyaan dan pernyataan berikut ini
A. Aspek
Afektif ( Perasaan positif siswa)
1. Mempersiapkan diri menghadapi kegiatan
belajar di kelas 12 menurut saya
a. Perlu b.tidak perlu
2. Layanan Orientasi tentang segala hal
yang harus di persiapkan untuk belajar di kelas 8
Seperti pengetahuan tentang
jadwal,guru yang mengajar,buku penunjang dll bagi saya
a. Membantu b. tidak membantu
3. Apakah kalian sudah puas dengan hasil
belajar yang sudah di peroleh di kelas 7 kemarin
a. Sudah puas b. Belum puas.
B. Aspek
Kognitif (pemahaman baru)
1.
Nilai mata pelajaran apa saja yang pada kelas 11 di semester 2 yang
berada di bawah KKM
a. …………………………………………………………..
b. ……………………………………………………………
c. ……………………………………………………………
2. Menurutmu apa sebab-sebab nilai mata
pelajaran tersebut di bawah KKM
a. ……………………………………………………………..
b. ……………………………………………………………….
c. …………………………………………………………………
3. Apa dampaknya jika banyak nilai kita
yang berada di bawah KKM
……………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………
C. Aspek psikomotorik (rencana kegiatan)
Membuat
rencana perbaikan di kelas 12
Di kelas 12 ini
tentunya kalian ingin lebih baik lagi dalam prestasi belajarnya, untuk itu
buatlah rencana apa saja yang akan kamu lakukan untuk memperbaiki prestasimu di
kelas 12, dengan mengisi daftar berikut ini:
1). Kegiatan
yang di rencanakan: .................................................................
2). Tujuan
Kegiatan :
...................................................................
3). Waktu
pelaksanaan :
....................................................................
4).
Pihak yang dilibatkan :
...................................................................
5). Alat/sarana
yang di perlukan :
..................................................................
6). Hasil
yangingin di capai : ....................................................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar