Senin, 17 Agustus 2015

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
 BIMBINGAN DAN KONSELING


Satuan pendidikan                 
SMA Negeri 1 Singaparna
Kelas / Semester                   
12  / Semester 1
Jumlah Pertemuan
1 pertemuan ( 1 X 40 menit)
Tugas Perkembangan  6
Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan/atau mempersiapkan karir serta berperan  dalam kehidupan di masyarakat
Rumusan Kompetensi   6.3
Memiliki kesadaran dan dorongan kuat untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan yang menjadi program sekolah

1.   Materi/Topik Bahasan
Orientasi di Kelas 12 Semester 1
2.   Bidang Bimbingan
Belajar
3.   Jenis Layanan
Orientasi
4.   Fungsi Layanan
a.    Fungsi  KES
Pemahaman , Peserta didik memahami ,kegiatan belajar , jenis tugas dan  karateristik mata pelajaran di kelas 12
b.    Fungsi KES-T

Pencegahan, peserta didik dapat mencegah terjadinya salah penyesuaian di kelas 12
5.   Tujuan Layanan
a.    Sikap
1)    Sikap spiritual, peserta didik dapat mempraktikan kegiatan berdoa dan bersyukur
2)    Sikap Sosial, peserta didik dapat mempraktikan sikap kerjasama, disiplin, jujur.
b.    Pengetahuan
1)    Peserta didik dapat menyebutkan mata pelajaran yang ada di sekolah
2)    Peserta didik dapat mendeskripsikan karakteristik mata pelajaran
3)    Peserta didik dapat mengidentifikasi 5 jenis kegiatan ulangan/ ujian  yg ada di sekolah
4)    Peserta didik dapat mendeskripsikan manfaat kegiatan bimbingan belajar di sekolah
c.    Ketrampilan
Peseta didik dapat menentukan kiat-kiat sukses belajar di kelas 12
6.   Sasaran Layanan/Semester
Kelas 12
7.   Tempat Penyelenggaraan
Lingkungan Sekolah
8.   Waktu Penyelenggaraan
Minggu ke 3 Juli 2014 (saat kegiatan MOPD)
 9. Penyelenggara Layanan
Guru BK
10. Pihak-pihak yang Dilibatkan
Waka Kurikulum Sebagai sumber informasi
11. Metode
Brainstorming, Tanya jawab, diskusi
12. Kegiatan

a.   Pendahuluan

1)    Mengucapkan salam dan berdoa
2)    Menanyakan kegiatan  sebelumnya,
3)    Mengapresiasikan  kehadiran .
4)    Guru menyampaikan tujuan layanan
5)    Guru mengadakan ice Breaking

b.   Kegiatan Inti

1)    Merasa

Guru meminta peserta didik mengungkapkan  perasaannya ketika naik kelas.


2)    Berfikir

a)    Guru mengadakan Tanya jawab tentang mata pelajaran di kelas 8
b)    Guru mengadakan Tanya jawab tentang jenis-jenis ulangan dan tugas
c)    Guru mengadakan brainstorming tentang karakteristik masing masing mata pelajaran

3)    Bersikap

a)    Guru mengajak peserta didik membangun sikap spiritual dengan bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena sudah naik kelas. .
b)    Guru mengajak peserta didik membangun sikap disiplin dengan merapikan pakaian, merapikan rambut, memperhatikan kegiatan, dan mengerjakan tugas
c)    Guru mengajak peserta didik saling bekerja sama dengan diskusi kelompok untuk mendeskripsikan karakteristik mata pelajaran, yang meliputi tingkat kesulitan dan lain-lain

4)    Bertindak

Guru meminta peserta didik mendiskusikan  kiat-kiat sukses belajar (ujian)  di kelas 12

5)    Bertanggung jawab

a)    Guru meminta peserta didik mengkomunikasikan  tugas menyusun kiat-kiat sukses di kelas 12.
b)    Guru meminta peserta didik membuat komitmen untuk mewujudkan kiat-kiat sukses belajar di kelas 12

c.    Penutup

a)    Guru menyimpulkan kegiatan bersama peserta didik
b)    Guru mengajak peserta didik merefleksi kegiatan dengan menanyakan kemanfaatan dan kebermaknaan kegiatan
c)     Guru menyampaikan pengumuman tentang tugas dan kegiatan  minggu depan
d)     Guru menutup pelajaran dengan mengajak peserta didik bersyukur dan mengucapkan salam

13. Sumber/Bahan dan 
      Alat


a.   Sumber/bahan
Dokumen kurikulum tahun 2014/2015


b.   Alat
Lembar tugas diskusi, LCD,

14 Rencana Penilaian

a.   Penilaian Hasil
1)    Understanding ( Pengetahuan/Pemahaman baru)
Tes Lisan
2)    Comfortable (Sikap/Perasaan Positif)
Observasi
3)    Actian ( Tindakan (ketrampilan)
Tes Tertulis (tugas tertulis).
b.   Penilaian proses

1)    Keseuaian program
2)    Antusiasme peserta didik
3)    Ketersediaan sarana
4)    Kebermanfaatan dan kebermaknaan kegiatan

15. Tindak lanjut
Memberikan layanan lanjutan bagi peserta didik yang mengalami masalah kurang mampu menyesuaikan diri di lingkungan sekolah yang baru.


                                                                                  Tasikmalaya,    Juli 2015
Mengetahui dan Menyetujui                                
Kepala Sekolah                                                                   Guru Bimbingan Konseling



Drs.Anda Sujana, M.Pd                                                       Apep Zenal Mustofa, M.Pd
NIP. 19600507 198903 1 004                                             NIP. 19740105 2005011011
           
                      



MATERI LAYANAN
ORIENTASI BELAJAR  DI KELAS 12

1.    Pengertian Belajar
Belajar adalah usaha untuk mengubah tingkah laku ke arah yang positif, yakni dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak paham menjadi paham, jadi tidak mengerti menjadi mengerti, dari tidak terampil menjadi terampil, dari sudah tahu menjadi lebih tahu, dari sudah terampil mentadi lebih terampil, dari sudah beriman menjadi lebih beriman.
2.    Kegiatan belajar mengajar di Sekolah
a.    Meliputi kegiatan teori , praktik dan pemberian tugas
b.    Kegiatan Teori contohnya : ceramah oleh guru didepan kelas, Diskusi kelompok, Tanya jawab,
c.    Kegiatan Praktik contohnya : Praktik Olah raga, praktik ketrampilan , Praktik Seni Musik, praktik seni tari, dll
d.    Pemberian Tugas misalnya: PR, Tugas mengarang, Tugas Observasi, tugas membuat karya tertentu, tugas membuat ringkasan, tugas menghafal, dan tugas-tugas yang lain.
3.    Kriteria ketuntasan minimal  (KKM) di SEKOLAH .......................
Kriteria  ketuntasan minimal (KKM) adalah nilai minimal yang harus dicapai di setiap mata pelajaran, di SEKOLAH ....................... KKM nya 75
Bagi yang belum mencapai nilai sesuai KKM akan di tindak lanjuti dengan kegiatan perbaikan
( tes perbaikan/her/ mengulang ujian)
4.    Nilai yang diperlukan untuk kenaikan kelas.
6 Nilai tugas & ulangan harian   +  2 Nilai mid semester   +   2 nilai  akhir semester
10
Berdasarkan rumus diatas, maka setiap ada tugas dan ulangan wajib di kerjakan, karena tidak mengerjakan tugas berarti nilainya akan berkurang.
7. Kriteria kenaikan kelas di SEKOLAH15 .......................
a.    Berkepribadian baik
b.    Kehadiran di sekolah 95 % ( jadi tidak boleh sering tidak masuk sekolah/alpha)
c.    Nilai yang di bawah KKM maksimal 3 mata pelajaran
d.    Rata rata nilai minimal 75

8. Langkah-langkah yang harus di tempuh agar sukses belajar di kelas 9 antara lain
a.    Cermati nilai-nilai yang dibawah KKM/ atau cenderung rendah
b.    Beri porsi belajar yang lebih terhadap mata pelajaran yang nilainya rendah
c.    Buat target
d.    Disiplin mengikuti pelajaran dan mengerjakan tugas
e.    Mengikuti kegiatan tambahan belajar dengan tekun dan tertib seperti les, bimbingan belajar, try out, gladi soal dll
f.     Mengurangi kegiatan kegiatan yang dapat menganggu konsentrasi belajar,seperti kebanyakan nge-game, keluyuran, melakukan aktivitas berbahaya
g.    Kerja keras dan berdoa
h.    Mengantisipasi timbulnya persoalan dan melibatkan pihak lain dalam memecahkan masalah seperti guru, orang tua, teman dll.
9. Tugas
Setiap manusia pasti punya masalah, begitu juga deangan murid, pasti punya masalah terutama yang menghambat kesuksesan belajar. Untuk itu  tulislah masalah yang kamu hadapi, agar dapat dicarikan solusi yang terbaik.

































EVALUASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

BIDANG BIMBINGAN         : BELAJAR
JENIS LAYANAN               :  ORIENTASI
TOPIK                              :  ORIENTASI BELAJAR DI KELAS 12

Berilah jawaban atas pertanyaan dan pernyataan berikut ini
A. Aspek Afektif ( Perasaan positif siswa)
     1. Mempersiapkan diri menghadapi kegiatan belajar  di kelas 12 menurut saya
          a. Perlu                            b.tidak perlu                    
     2. Layanan Orientasi tentang segala hal yang harus di persiapkan untuk belajar di kelas 8
         Seperti pengetahuan tentang jadwal,guru yang mengajar,buku penunjang dll bagi saya
          a. Membantu                    b. tidak membantu
     3. Apakah kalian sudah puas dengan hasil belajar yang sudah di peroleh di kelas 7 kemarin
          a. Sudah puas         b. Belum puas.                 

B. Aspek Kognitif (pemahaman baru)
    1.  Nilai mata pelajaran apa saja yang pada kelas 11 di semester 2 yang berada di bawah KKM
          a. …………………………………………………………..
          b. ……………………………………………………………
          c. ……………………………………………………………
    2. Menurutmu apa sebab-sebab nilai mata pelajaran tersebut di bawah KKM
          a. ……………………………………………………………..
          b. ……………………………………………………………….
          c. …………………………………………………………………
    3. Apa dampaknya jika banyak nilai kita yang berada di bawah KKM
          ……………………………………………………………………………………………………..
          ……………………………………………………………………………………………………..
          ………………………………………………………………………………………………………
C. Aspek psikomotorik (rencana kegiatan)
    Membuat rencana perbaikan di kelas 12
    Di kelas 12 ini tentunya kalian ingin lebih baik lagi dalam prestasi belajarnya, untuk itu buatlah rencana apa saja yang akan kamu lakukan untuk memperbaiki prestasimu di kelas 12, dengan mengisi daftar berikut ini:
    1). Kegiatan yang di rencanakan: .................................................................
    2). Tujuan Kegiatan                  : ...................................................................
    3). Waktu pelaksanaan              : ....................................................................
    4). Pihak yang dilibatkan                   : ...................................................................
    5). Alat/sarana yang di perlukan  : ..................................................................
    6). Hasil yangingin di capai        : ....................................................................


NO KODE         : ………………………………..
KELAS              : ………………………………..


TANDA TANGAN :
 
                                                                                     


         


















                                   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar