RENCANA
PELAKSANAAN LAYANAN / SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Satuan pendidikan
|
SMA
Negeri 1 Singaparna
|
Kelas / Semester
|
12 / Semester 1
|
Jumlah Pertemuan
|
3 pertemuan ( 3 X 40 menit)
|
Tugas Perkembangan 6
|
Mengembangkan
pengetahuan dan keterampilan untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran
dan/atau mempersiapkan karir serta berperan
dalam kehidupan di masyarakat
|
Rumusan Kompetensi 6.3
|
Memiliki
kesadaran dan dorongan kuat untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan yang
menjadi program sekolah
|
1.
Materi/Topik Bahasan
|
Kelanjutan
Studi ke Perguruan Tinggi
|
|
2.
Bidang
Bimbingan
|
Karier
|
|
3.
Jenis
Layanan
|
Informasi
|
|
4.
Fungsi
Layanan
a.
Fungsi
KES
|
Pemahaman ,
Peserta didik memahami informasi kelanjutan studi ke Perguruan Tinggi
|
|
b.
Fungsi
KES-T
|
Pencegahan,
peserta didik dapat mencegah terjadinya salah pilih kelanjutan studi
|
|
5.
Tujuan Layanan
|
a.
Sikap
1) Sikap
Spiritual
v
Peserta didik dapat mempraktikan sikap
spiritual (berdoa, bersyukur)
2) Sikap
Sosial
v
Peserta didik dapat mempraktikan sikap
tanggung jawab, kerjasama, dan percaya diri
|
|
b.
Pengetahuan
1)
Peserta didik dapat menyebutkan contoh perguruan tinggi
2)
Peserta didik dapat
menyebutkan 5 jenis perguruan tinggi
3)
Peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh
universitas
4)
Peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh
Institut
5)
Peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh
Sekolah Tinggi
6)
Peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh
Akademi
7)
Peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh
sekolah tinggi kedinasan
8)
Peserta didik dapat
menyebutkan 5
contoh fakultas dan jurusan yang ada di perguruan tinggi
|
||
c.
Ketrampilan
v
Peserta didik dapat
membuat rencana kegiatan memilih minat kelanjutan studi di Perguruan Tinggi
|
||
6.
Sasaran
Layanan/Semester
|
Kelas
12
|
|
7.
Tempat
Penyelenggaraan
|
Ruang
Kelas
|
|
8.
Waktu
Penyelenggaraan
|
Minggu
ke 1-3 September 2016
|
|
9. Penyelenggara Layanan
|
Guru
BK
|
|
10. Pihak-pihak
yang Dilibatkan
|
|
|
11. Metode
|
Brainstorming,
Tanya jawab, diskusi,Penugasan
|
|
12. Kegiatan
|
|
|
PERTEMUAN
1
|
|
|
a. Pendahuluan
|
1) Mengucapkan salam dan berdoa
2) Menanyakan kegiatan sebelumnya,
3) Mengapresiasikan kehadiran .
4) Guru
menyampaikan tujuan layanan
5) Guru
mengadakan ice Breaking
|
|
b. Kegiatan Inti
|
|
|
1)
Merasa
|
Peserta
didik mengungkapkan perasaannya jika
nanti berhasil lulus dan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi
|
|
2)
Berfikir
|
a) Peserta
didik mengamati gambar dan video
tentang kelanjutan studi
b) Peseserta
didik mengutarakan pendapat tentang isi gambar dan video
c) Peserta
didik membaca hand out tentang kelanjutan
studi ke perguruan tinggi
d) Mengadakan
brainstorming dengan peserta didik tentang contoh perguruan tinggi yang ada di sekitar
sekolah
|
|
3)
Bersikap
|
Peserta
didik mempraktikan sikap kerjasama, tanggung jawab dan percaya diri dengan :
a)
Diskusi membahas
jenis-jenis perguruan tinggi
b)
Contoh contoh
universitas, institute, sekolah tinggi, akademi dan sekolah kedinasan
c)
Contoh-contoh
fakultas dan jurusan di perguruan tinggi
d)
Mempresentasikan
hasil diskusi
|
|
c.
Penutup (5 menit)
|
a)
Peserta
didik menyimpulkan kegiatan bersama peserta didik
b)
Ps
eserta didik merefleksi kegiatan dengan menanyakan kemanfaatan dan
kebermaknaan kegiatan
c)
Guru
menyampaikan pengumuman tentang tugas
dan kegiatan minggu depan
d)
Guru menutup
pelajaran dengan
mengajak peserta didik bersyukur dan mengucapkan salam
|
|
PERTEMUAN
2
|
|
|
a. Pendahuluan
|
1) Mengucapkan salam dan
berdoa
2) Menanyakan kegiatan sebelumnya,
3) Mengapresiasikan kehadiran .
4) Guru
menyampaikan tujuan layanan
5) Guru
mengadakan ice Breaking
|
|
b. Kegiatan
Inti
|
|
|
4)
Bertindak
(menggunakan
pendekatan project Base learning)
|
Peserta
didik membuat rencana(Project) kelanjutan studi keperguruan tinggi. Dengan
langkah-langkah sebagai berikut:
a) Peserta
didik mengajukan pertanyaan mendasar kemana mereka akan melanjutkan studinya
.
b) Perencanaan
v
Peserta didik membaca lembar kerja “rencana kelanjutan studi”
v
Peserta didik mengadakan brainstorming
tentang isi lembar kerja
c) Pelaksanaan
v
Peserta didik mencari informasi kelanjutan
studi dari berbagai sumber seperti hand out, buku saku atau observasi langsung (browsing) tentang perguruan tinggi yang diminati
v
Peserta didik mengisi lembar kerja rencana
kelanjutan studi
d) Monitoring
v
Peserta didik mengkonsultasikan hasil lembar
kerjanya kepada guru BK
|
|
c. Penutup
|
1)
Guru menyimpulkan kegiatan bersama peserta didik
2)
Guru
mengajak peserta didik merefleksi kegiatan dengan menanyakan kemanfaatan dan
kebermaknaan kegiatan
3)
Guru
menyampaikan pengumuman tentang tugas
dan kegiatan minggu depan
4)
Guru menutup pelajaran dengan mengajak
peserta didik bersyukur dan mengucapkan salam
|
|
PERTEMUAN
3
|
|
|
a. Pendahuluan
|
( 5 menit)
1) Mengucapkan salam dan berdoa
2) Menanyakan kegiatan sebelumnya,
3) Mengapresiasikan kehadiran .
4) Guru
menyampaikan tujuan layanan
|
|
b. Kegiatan
Inti
|
(30
menit)
|
|
5)
Bertanggung jawab
(melanjutkan pendekatan
project Base learning)
|
a)
Menguji
hasil
v
Peserta
didik mengisi angket peminatan dan membandingkan hasilnya dengan rencana
kelanjutan studi.
b)
Evaluasi
pengalaman
v
Peserta
didik mengevaluasi kelanjutan studinya untuk disesuaikan dengan hasil angket
peminatan
v
Peserta
didik mengerjakan evaluasi
c)
Membuat
Komitmen
v Peserta didik
membuat komitmen pribadi untuk melanjutkan studi
|
|
c. Penutup
|
A.
Guru menyimpulkan kegiatan bersama peserta didik
B.
Guru
mengajak peserta didik merefleksi kegiatan dengan menanyakan kemanfaatan dan
kebermaknaan kegiatan
C.
Guru
menyampaikan pengumuman tentang tugas
dan kegiatan minggu depan
D.
Guru menutup
pelajaran dengan
mengajak peserta didik bersyukur dan mengucapkan salam
|
|
13.
Materi layanan
|
1)
Jenis perguruan tinggi
2)
Contoh-contoh universitas, akademi, sekolah tinggi,
institut
|
|
14.
Sumber/Bahan dan
Alat
|
|
|
a. Sumber/bahan
|
1) Sumber : Nurbowo. 2011. Pengembangan
materi BK berbasis multimedia.Yogyakarta: Paramitra Publishing
2) Hand
out kelanjutan studi.
|
|
b. Alat
|
Alat : Lembar Tugas Siswa, Instrument
observasi dan evaluasi, LCD, Laptop
|
|
15
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
|
||
a. Penilaian Hasil
|
1)
Understanding ( Pengetahuan/Pemahaman baru)
Tes
tertulis
2)
Comfortable (Sikap/Perasaan Positif)
Penilaian
diri
3)
Actian ( Tindakan (ketrampilan)
Penugasan
|
|
b. Penilaian proses
|
1)
Keseuaian program
2)
Antusiasme peserta didik
3)
Ketersediaan sarana
4)
Kebermanfaatan dan kebermaknaan kegiatan
|
|
c.
Tindak lanjut
|
Memberikan
layanan lanjutan bagi peserta didik yang mengalami masalah kurang mampu
menyesuaikan dalam memilih kelanjutan studi
|
|
16.
catatan khusus
|
Layanan
informasi ini masih dilanjutkan pada semester 2 untuk pemantapan pemilihan
kelanjutan studi.
|
|
Tasikmalaya, Juli 2015
Mengetahui dan
Menyetujui
Kepala
Sekolah Guru
Bimbingan Konseling
Drs.Anda
Sujana, M.Pd
NIP.
19600507 198903 1 004 Apep
Zenal Mustofa, M.Pd
NIP.
19740105 2005011011
EVALUASI
A. Pemahaman Baru (Understanding)
1. Sebutkan 5 jenis perguruan tinggi
2. Sebutkan 5 contoh universitas
3. Sebutkan 3 contoh institute
4. Sebutkan tingkatan program
pendidikan di Perguruan Tinggi
5. Sebutkan 3 contoh fakultas yang ada
diperguruan tinggi
B. Omfortable
Berilah
tanda check (V) pada pernyataan yang sesuai dengan pilihan
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Menurut
saya, me-lanjutkan studi ke Perguruan Tinggi itu penting
|
|
|
2
|
Melanjutkan
studi ke Perguruan Tinggi ada lah keinginan pribadi
|
|
|
3
|
Melanjutkan
ke Per-guruan Tinggi akan mendukung cita-cita pekerjaan
|
|
|
4
|
Bagaimanapun
kon-disi ekonomi orang tua tidak akan meng-hambat minat saya ke Perguruan
Tinggi
|
|
|
5
|
Saya
yakin akan diterima di Perguruan Tinggi sesuai keinginan
|
|
|
- Action
1. Membuat rencana kelanjutan studi ke
PT berdasarkan cita-cita pekerjaan
v
Pekerjaan
yang di cita-citakan
v
Perguruan
tinggi yang menjadi pilihan
v
Fakultas
dan Jurusan yang menjadi pilihan
v
Persiapan
yang sudah dilakukan
v
Hambatan
yang dihadapi
2. Ketrampilan membuat Rencana kelanjutan studi
Buatlah rencana
kelanjutan studi setelah lulus SM..... dengan mengisi daftar isian berikut ini:
NAMA:
|
KELAS/NO ABSEN:
|
|
1
|
Cita-cita pekerjaan masa depan yg saya inginkan
|
|
2
|
Mata pelajaran yang saya senangi
|
|
3
|
Mata pelajaran yang nilainya selalu bagus
|
|
4
|
Bakat menonjol yang saya miliki
|
|
5
|
Berdasarkan cita-cita, nilai, dan bakat yang saya miliki
maka setelah lulus SM..... saya
berminat melanjutkan studi ke
|
|
6
|
Kelompok peminatan akademik dan atau vokasi (jurusan) yang
saya inginkan
|
|
7
|
Usaha yang saya lakukan agar cita-cita kelanjutan studi
saya tercapai antara lain
|
|
8
|
Jika pilihan pertama tidak tercapai maka pilihan
kelanjutan studi yang ke dua adalah
|
|
9
|
Faktor pendukung yang saya miliki dalam memilih kelanjutan
studi adalah
|
|
10
|
Faktor yang menjadi
penghambat kelanjutan studi saya adala
|
|
NAMA:
NO ABSEN:
KELAS :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar