Senin, 17 Agustus 2015

Kelanjutan Studi ke Perguruan Tinggi



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN / SATUAN LAYANAN
 BIMBINGAN DAN KONSELING


Satuan pendidikan                 
SMA Negeri 1 Singaparna
Kelas / Semester                   
12  / Semester 1
Jumlah Pertemuan
3 pertemuan ( 3 X 40 menit)
Tugas Perkembangan  6
Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan/atau mempersiapkan karir serta berperan  dalam kehidupan di masyarakat
Rumusan Kompetensi   6.3
Memiliki kesadaran dan dorongan kuat untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan yang menjadi program sekolah

1.   Materi/Topik Bahasan
Kelanjutan Studi ke Perguruan Tinggi
2.   Bidang Bimbingan
Karier
3.   Jenis Layanan
Informasi
4.   Fungsi Layanan
a.    Fungsi  KES

Pemahaman , Peserta didik memahami informasi kelanjutan studi ke Perguruan Tinggi
b.    Fungsi KES-T

Pencegahan, peserta didik dapat mencegah terjadinya salah pilih kelanjutan studi
5.   Tujuan Layanan
a.    Sikap
1)    Sikap Spiritual
v  Peserta didik dapat mempraktikan sikap spiritual  (berdoa, bersyukur)
2)    Sikap Sosial
v  Peserta didik dapat mempraktikan sikap tanggung jawab, kerjasama, dan percaya diri
b.    Pengetahuan
1)    Peserta didik dapat menyebutkan  contoh perguruan tinggi
2)    Peserta didik dapat menyebutkan 5 jenis perguruan tinggi
3)    Peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh universitas
4)    Peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh Institut
5)    Peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh Sekolah Tinggi
6)    Peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh Akademi
7)    Peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh sekolah tinggi kedinasan
8)    Peserta didik dapat menyebutkan  5 contoh fakultas dan jurusan yang ada di perguruan tinggi
c.    Ketrampilan
v  Peserta didik dapat membuat rencana kegiatan memilih minat kelanjutan studi di Perguruan Tinggi

6.   Sasaran Layanan/Semester
Kelas 12
7.   Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas
8.   Waktu Penyelenggaraan
Minggu ke 1-3 September 2016
 9. Penyelenggara Layanan
Guru BK
10. Pihak-pihak yang Dilibatkan

11. Metode
Brainstorming, Tanya jawab, diskusi,Penugasan
12. Kegiatan

PERTEMUAN 1

a.   Pendahuluan

1)    Mengucapkan salam dan berdoa
2)    Menanyakan kegiatan  sebelumnya,
3)    Mengapresiasikan  kehadiran .
4)    Guru menyampaikan tujuan layanan
5)    Guru mengadakan ice Breaking

b.   Kegiatan Inti

1)   Merasa

Peserta didik mengungkapkan  perasaannya jika nanti berhasil lulus dan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi


2)   Berfikir

a)   Peserta didik mengamati  gambar dan video tentang kelanjutan studi
b)   Peseserta didik mengutarakan pendapat tentang isi gambar dan video
c)    Peserta didik membaca hand out tentang  kelanjutan studi ke perguruan tinggi
d)   Mengadakan brainstorming dengan peserta didik tentang  contoh perguruan tinggi yang ada di sekitar sekolah


3)   Bersikap

Peserta didik mempraktikan sikap kerjasama, tanggung jawab dan percaya diri dengan :
a)    Diskusi membahas jenis-jenis perguruan tinggi
b)    Contoh contoh universitas, institute, sekolah tinggi, akademi dan sekolah kedinasan
c)    Contoh-contoh fakultas dan jurusan di perguruan tinggi
d)    Mempresentasikan hasil diskusi
c. Penutup (5 menit)
a)    Peserta didik menyimpulkan kegiatan bersama peserta didik
b)    Ps eserta didik merefleksi kegiatan dengan menanyakan kemanfaatan dan kebermaknaan kegiatan
c)     Guru menyampaikan pengumuman tentang tugas dan kegiatan  minggu depan
d)     Guru menutup pelajaran dengan mengajak peserta didik bersyukur dan mengucapkan salam

PERTEMUAN 2

a.    Pendahuluan
1)    Mengucapkan salam dan berdoa
2)    Menanyakan kegiatan  sebelumnya,
3)    Mengapresiasikan  kehadiran .
4)    Guru menyampaikan tujuan layanan
5)    Guru mengadakan ice Breaking

b.    Kegiatan Inti

4)   Bertindak
(menggunakan pendekatan  project Base learning)

Peserta didik  membuat rencana(Project)  kelanjutan studi keperguruan tinggi. Dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a)   Peserta didik mengajukan pertanyaan mendasar kemana mereka akan melanjutkan studinya .
b)   Perencanaan
v  Peserta didik membaca  lembar kerja “rencana kelanjutan studi”
v  Peserta didik mengadakan brainstorming tentang isi lembar kerja
c)    Pelaksanaan
v  Peserta didik mencari informasi kelanjutan studi dari berbagai sumber seperti hand out, buku saku atau  observasi langsung  (browsing) tentang  perguruan tinggi  yang diminati
v  Peserta didik mengisi lembar kerja rencana kelanjutan studi
d)   Monitoring
v  Peserta didik mengkonsultasikan hasil lembar kerjanya kepada guru BK

c.    Penutup
1)    Guru menyimpulkan kegiatan bersama peserta didik
2)    Guru mengajak peserta didik merefleksi kegiatan dengan menanyakan kemanfaatan dan kebermaknaan kegiatan
3)     Guru menyampaikan pengumuman tentang tugas dan kegiatan  minggu depan
4)    Guru menutup pelajaran dengan mengajak peserta didik bersyukur dan mengucapkan salam
PERTEMUAN 3

a.    Pendahuluan
(  5 menit)
1)    Mengucapkan salam dan berdoa
2)    Menanyakan kegiatan  sebelumnya,
3)    Mengapresiasikan  kehadiran .
4)    Guru menyampaikan tujuan layanan

b.    Kegiatan Inti
(30 menit)
5)   Bertanggung jawab
(melanjutkan  pendekatan  project Base learning)

a)    Menguji hasil
v  Peserta didik mengisi angket peminatan dan membandingkan hasilnya dengan rencana kelanjutan studi.
b)    Evaluasi pengalaman
v  Peserta didik mengevaluasi kelanjutan studinya untuk disesuaikan dengan hasil angket peminatan
v  Peserta didik mengerjakan evaluasi
c)    Membuat Komitmen
v  Peserta didik membuat komitmen pribadi untuk melanjutkan studi
c.    Penutup

A.   Guru menyimpulkan kegiatan bersama peserta didik
B.   Guru mengajak peserta didik merefleksi kegiatan dengan menanyakan kemanfaatan dan kebermaknaan kegiatan
C.    Guru menyampaikan pengumuman tentang tugas dan kegiatan  minggu depan
D.    Guru menutup pelajaran dengan mengajak peserta didik bersyukur dan mengucapkan salam

13. Materi layanan

1)    Jenis perguruan tinggi
2)    Contoh-contoh universitas, akademi, sekolah tinggi, institut
14. Sumber/Bahan dan 
      Alat


a.   Sumber/bahan
1)    Sumber :   Nurbowo. 2011. Pengembangan materi BK berbasis multimedia.Yogyakarta:  Paramitra Publishing
2)    Hand out kelanjutan studi.

b.   Alat

Alat : Lembar Tugas Siswa, Instrument observasi dan evaluasi, LCD, Laptop

15 Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
a.   Penilaian Hasil
1)    Understanding ( Pengetahuan/Pemahaman baru)
Tes tertulis
2)    Comfortable (Sikap/Perasaan Positif)
Penilaian diri
3)    Actian ( Tindakan (ketrampilan)
Penugasan
b.   Penilaian proses

1)    Keseuaian program
2)    Antusiasme peserta didik
3)    Ketersediaan sarana
4)    Kebermanfaatan dan kebermaknaan kegiatan

c.    Tindak lanjut
Memberikan layanan lanjutan bagi peserta didik yang mengalami masalah kurang mampu menyesuaikan dalam memilih kelanjutan studi

16. catatan khusus
Layanan informasi ini masih dilanjutkan pada semester 2 untuk pemantapan pemilihan kelanjutan studi.

                                                                                   Tasikmalaya,    Juli 2015
Mengetahui dan Menyetujui                                
Kepala Sekolah                                                                   Guru Bimbingan Konseling


Drs.Anda Sujana, M.Pd
NIP. 19600507 198903 1 004                                                 Apep Zenal Mustofa, M.Pd
            NIP. 19740105 2005011011
























EVALUASI

A.   Pemahaman Baru (Understanding)
1.   Sebutkan 5 jenis perguruan tinggi
2.   Sebutkan 5 contoh universitas
3.   Sebutkan 3 contoh institute
4.   Sebutkan tingkatan program pendidikan di Perguruan Tinggi
5.   Sebutkan 3 contoh fakultas yang ada diperguruan tinggi

B.   Omfortable
Berilah tanda check (V) pada pernyataan yang sesuai dengan pilihan

No
Pernyataan
Ya
Tidak
1
Menurut saya, me-lanjutkan studi ke Perguruan Tinggi itu penting


2
Melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi ada lah keinginan pribadi


3
Melanjutkan ke Per-guruan Tinggi akan mendukung cita-cita pekerjaan


4
Bagaimanapun kon-disi ekonomi orang tua tidak akan meng-hambat minat saya ke Perguruan Tinggi


5
Saya yakin akan diterima di Perguruan Tinggi sesuai keinginan












  1. Action

1.   Membuat rencana kelanjutan studi ke PT berdasarkan  cita-cita  pekerjaan

v    Pekerjaan yang di cita-citakan
 





v    Perguruan tinggi yang menjadi pilihan

 





v    Fakultas dan Jurusan yang menjadi pilihan
 





v    Persiapan yang sudah dilakukan
 





v    Hambatan yang dihadapi
 





















2.      Ketrampilan membuat  Rencana kelanjutan studi
Buatlah rencana kelanjutan studi setelah lulus SM..... dengan mengisi daftar isian berikut ini:

NAMA:
KELAS/NO ABSEN:
1
Cita-cita pekerjaan masa depan yg saya inginkan



2
Mata pelajaran yang saya senangi




3
Mata pelajaran yang nilainya selalu bagus




4
Bakat menonjol yang saya miliki




5
Berdasarkan cita-cita, nilai, dan bakat yang saya miliki maka setelah lulus SM.....  saya berminat melanjutkan studi ke

6
Kelompok peminatan akademik dan atau vokasi (jurusan) yang saya inginkan




7
Usaha yang saya lakukan agar cita-cita kelanjutan studi saya tercapai antara lain




8
Jika pilihan pertama tidak tercapai maka pilihan kelanjutan studi yang ke dua adalah

9
Faktor pendukung yang saya miliki dalam memilih kelanjutan studi  adalah




10
Faktor  yang menjadi penghambat kelanjutan studi saya adala




NAMA:                                                                                     NO ABSEN:                      KELAS :



                                   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar