Senin, 17 Agustus 2015

Motivasi Belajar

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Satuan pendidikan                 
SMA Negeri 1 Singaparna
Kelas / Semester                   
12 / Semester 2
Jumlah Pertemuan
2 X Pertemuan
Tugas Perkembangan  6 :
Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk mengikuti dan melanjutkan  pelajaran dan / atau mempersiapkan karir serta Berperan dalam kehidupan bermasyarakat
Rumusan Kompetensi  6.3 :
Memiliki kesadaran dan dorongan kuat untuk menguasai  pengetahuan dan keterampilan yang menjadi program sekolah

A
Topik / Materi
Motivasi  Belajar
B
Bidang Bimbingan
Belajar
C
Jenis Layanan
Informasi
D
Fungsi Layanan
 Pemahaman, Pencegahan, Pengembangan
E
Tujuan Layanan
1. Sikap
     a. Sikap spiritual : Peserta didik dapat mempraktikan kegiatan
         berdoa dan bersyukur pada Tuhan YME
     b. Sikap sosial : peserta didik dapat mempraktikan sikap penuh
         semangat , tanggung jawab dan  kerja sama
2.  Pengetahuan
    Konseli dapat :
a.    Membedakan motivasi intrinsik dan motivasi ektrinsik
b.    Menyebutkan 3 contoh motivasi belajar dari dalam diri
c.    Menyebutkan 3 contoh motivasi belajar dari luar
d.    Mengidentifikasikan Faktor-faktor  dari dalam diri  yang mempengaruhi motivasi belajar
e.    Mengidentifikasikan Faktor-faktor  dari luar diri yang mempengaruhi motivasi belajar
f.     Mengidentifikasi  dampak positif memiliki motivasi belajar yang tinggi
g.    Mengidentifikasikan dampak negative memiliki motivasi belajar yang rendah
3. Ketrampilan
    Konseli dapat :
a.    Menentukan masalah-masalah yang menghambat  motivasi belajar
b.    Membuat rencana kegiatan untuk meningkatkan motivasi belajar
.

F
Sasaran layanan
Kelas 9
G
Kegiatan

PERTEMUAN 1

a.  Pendahuluan
(5 menit)
1)    Guru  mengucapkan salam dan mengajak berdoa/bersyukur
2)    Guru mengecek kehadiran peserta didik
3)    Guru menyampaikan tujuan layanan BK

b.  Kegiatan Inti
25 menit
v  Berfikir
1)    Guru memutarkan film  bertema  motivasi  yang berjudul “Sitting Duck”  peserta didik menyimak film .
2)    Bersumber pada film  dan pengalaman pribadi peserta didik mendiskusikan hal-hal berikut:
Ø  Contoh perilaku yang menunjukan adanya motivasi belajar
v  Merasa
1)    Peserta didik mengungkapkan perasaannya saat motivasi belajarnya rendah
2)    Peserta didik mengungkapkan perasaannya saat motivasi belajarnya tinggi
v  Bersikap
Peserta didik mengembangkan sikap komunikatif, tanggung jawab, dan kerja sama dengan mengadakan kegiatan diskusi membahas tentang:
1)    Perbedaan motivasi intrinsik dan motivasi ektrinsik
2)    contoh motivasi belajar dari dalam diri
3)    contoh motivasi belajar dari luar
4)     Faktor-faktor  dari dalam diri  yang mempengaruhi motivasi belajar
5)    Faktor-faktor  dari luar diri yang mempengaruhi motivasi belajar


c.  Penutup
1)    Peserta didik  menyimpulkan hasil layanan
2)    Guru memberi pengumumunan untuk presentasi tugas pada pertemuan berikutnya
3)    Guru menutup kegiatan
PERTEMUAN 2

a.  Pendahuluan   ( 5 menit)
1)    Guru  mengucapkan salam dan menanyakan kabar dan kondisi peserta didik
2)    Guru mengecek kehadiran peserta didik
3)    Guru menanyakan materi layanan BK sebelumnya /kegiatan belajar  sebelumnya
4)    Guru menanyakan kesiapan siswa mempresentasikan tugasnya
5)    Guru menyampaikan tujuan layanan BK

b.  Kegiatan Inti
(25 menit)
v  Bertindak
1)    Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
2)    Peserta didik mengamati video tentang dampak motivasi
3)    Peserta didik melakukan identifikasi secara tertulis tentang dampak positif memiliki motivasi yang tnggi dan dampak negative memiliki motivasi belajar yang rendah
4)    Curah pendapat tentang dampak motivasi

v  Bertanggung jawab
1)    Peserta didik mengerjakan tugas mengidentifikasikan  masalah-masalah yang menyebabkan motivasi belajar rendah
2)    Peserta didik menentukan langkah langkah meningkatkan motivasi belajar
3)    Peserta didik mengerjakan evaluasi
c.  Penutup
1)    Guru menyimpulkan kegiatan bersama siswa
2)    Refleksi
v  Guru menanyakan manfaat materi layanan bagi  peserta didik
v  Guru menanyakan kesan pesan peserta didik terhadap kegiatan layanan BK yg baru saja dilaksanankan
3)    Guru menutup kegiatan dan mengucapkan salam

1.    Metode & Teknik
Observasi . diskusi, tanya jawab.
2.    Materi Layanan
1. Definisi motivasi belajar
2. Motivasi intrinsik dan ektrinsik
3. Contoh motivasi intrinsik dan motivasi ektrinsik
4. Dampok positif memiliki motivasi belajar
5. membuat rencana  meningkatkan motivasi belajar


3.   Sumber bahan
1. Suharno. 2008. Bimbingan Konseling Untuk SMP. Klaten :
    Intan pariwara
2. Nurbowo .2010. pengembangan Materi Bimbingan
    Konseling Berbasis Multimedia. Yogyakarta: Paramitra
    Publishing.
3. Soft Copy Film motivasi berjudul “Sitting Duck”
H
Tempat Layanan
Ruang kelas / Ruang Audio Visual
I
Waktu
2 X 40 menit
Minggu Ke / Semester
Minggu ke 1-2 maret  2014/ semester 2
J
Pelaksana
Guru BK
K
Pihak Yang Berperan Serta
Guru mata pelajaran sebagai informan tentang keadaan motivasi belajar peserta didik
L
Alat Dan Perlengkapan
Laptop, LCD,Film, Lembar Kerja, Lembar Tugas
M
Rencana Penilaian
1. Penilaian hasil
a.    Penilaian Segera ( Laiseg)
v  Pengetahuan/Pemahaman baru  ( Understanding)
v  Sikap/Perasaan  Positif (Comfort)
v  Ketrampilan/Rencana Tindakan dan unjuk kerja ( Action)
b.    Penilaian Jangka pendek (Laijapen)
v  Memonitor motivasi belajar peserta didik
2. Penilaian Proses
 a.   Kesesuaian program
 b.   Keterlaksanaan program
 c.    Antusiasme peserta didik/konseli
 c.   Kehadiran Peserta didik/konseli
 d.   Ketersedian sarana/prasarana
 e.   Dukungan terhadap mata pelajaran

Instrument penilaian
Lembar Eavaluasi hasil dan evaluasi proses ( terlampir)
Tindak Lanjut
Memberikan layanan lanjutan seperti konseling individu,
 konseling kelompok, bimbingan kelompok dll) bagi peserta
didik yang terindikasi memiliki motivasi belajar rendah.
N
Catatan Khusus
Jika tidak ada sarana untuk memutar film, guru dapat menyampaikan synopsis/ringkasan cerita film tersebut.



Memeriksa dan Menyetujui
Kepala Sekolah,


Drs.Anda Sujana, M.Pd
       NIP. 19600507 198903 1 004

Tasikmalaya,  14 Januari 2016
Konselor


Apep Zenal Mustofa, M.Pd
NIP. 19740105 2005011011

MATERI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING
“MOTIVASI BELAJAR”

1. Apakah arti Motivasi ?
Motivasi berasal dari kata “Motive” yang artinya “dorongan” atau daya penggerak yang muncul pada individu.
2. Apakah yang dimaksud dengan motivasi belajar
Menurut Suharno (2008:14) Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang akan menimbulkan kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar.
3. Perbedaan motivasi dari dalam diri ( motivasi Intrinsik) dengan motivasi yang
    berasal dari luar diri (motivasi ektrinsik) dan contohnya
    a. Motivasi intrinsik, yaitu motivasi yang berasal dari dalam diri endiri. Motivasi ni dapat
       muncul karena:
1)    Merasakan       pentingnya belajar.
2)    Merasakan dan mengetahui kemajuannya sendiri dari hasil belajar.
3)    Mempunyai keinginan untuk meraih cita-cita dengan cara belajar.
 b. Motivasi ekstrinsik, yaitu motivasi yang berasal dari luar diri sendiri.  Hal yang bisa
      menimbulkan motivasi ekstrinsik adalah:
1)    Ganjaran (award),
2)    Hukuman (Punishment),
3)    Persaingan (competition).

4. Pentingnya Motivasi Belajar
a.    Motivasi itu adalah penggerak, yakni penggerak yang menimbulkan keinginan pada siswa yaitu keinginan untuk tahu, keinginan untuk kreatif, keinginan untuk memperbaiki kegagalan, keinginan untuk sukses dan sebagainya.
b.    Motivasi belajar itu merupakan penggerak yang akan menimbulkan kegiatan belajar, kegiatan belajar di sini meliputi mendengarkan, menyimak, mengerjakan tugas, mengobservasi, meneliti, menelaah, materi pelajaran.




5. Manfaat Motivasi Belajar.
Motivasi belajar akan memberikan arah pada kegiatan belajar maksudnya mengarahkan siswa pada pencapaian tujuan belajar yaitu mengerti,memahami dan terampil terhadap apa yang dipelajari

6. Dampak Positif Memiliki Motivasi Belajar.
a.    Senang menjalankan tugas belajar.
b.    Bersemangat dan bergairah saat menerima pelajaran.
c.    Tidak malu untuk bertanya bila belum tahu
d.    Tidak menunda-nunda dalam melaksanakan tugas yang
diberikan.
e.    Disiplin dalam memanfaatkan waktu.

7. Contoh Rencana kegiatan Untuk meningkatkan Motivasi Belajar
a.    Nama kegiatan         :  Belajar kelompok
b.    Tujuan kegiatan       :  meningkatkan intensitas dan motivasi belajar melalui
                                   kegiatan belajar kelompok
c.    Sasaran kegiatan    :  anggota kelompok ( saya dan 5 teman satu kelas)
d.    Waktu kegiatan        :  jam 2-4, seminggu 3 kali
e.    Tempat kegiatan      :  Rumah salah satu anggota kelompok
f.     Sarana/Prasarana   :  Alat Tulis, buku, LKS, Kamus, kalkulator, Soal latihan,
                                   buku Paket dll.
g.    Pihak yg dilibatkan  :  Orang Tua dan Guru untuk memonitor.

DAFTAR PUSTAKA
1. Suharno. 2008. Bimbingan Konseling Untuk SMP. Klaten : Intan pariwara
2. Nurbowo .2010. pengembangan Materi Bimbingan Konseling Berbasis Multimedia.
   Yogyakarta: ParamitraPublishing.







TUGAS DISKUSI SISWA
A. TO KNOW
Berdasarkan  film dan pengalaman pribadi diskusikan hal-hal berikut
1.       Berilah contoh perilaku yang menunjukan adanya motivasi belajar?
2.       Perbedaan motivasi dari dalam dan dari luar
B.  TO DO
     Motivasi dapat berasal dari dalam dan dari luar diri , lakukan pengamatan terhadap diri sendiri dalam kaitannya dengan motivasi belajar kemudian berilah jawaban pada pertannyaan berikut ini :
1.       Hal apa saja dari dalam dirimu yang dapat menumbuhkan motivasi belajar yang tinggi?
2.       Hal-hal apa saja dari luar dirimu yang dapat menumbuhkan motivasi belajarm
3.       Apa dampak positif memiliki motivasi belajar ?
4.       Apa saja usaha yang akan kamu lakukan agar menjadi siswa yang motivasi belajarnya tinggi?
D.  TO Be
Buatlah rencana kegiatan bersama teman-temanmu, untuk meningkatkan motivasi belajar , uraikan kegiatan-kegiatan apa saja agar kamu dapat membantu dirimu dan  teman-temanmu supaya tetap memiliki motivasi belajar yang tinggi.
E. TO BELIEVE IN GOD
Keberhasilan seseorang  dalam belajar bukan atas usahanya semata tetapi juga karena anugrah Tuhan Yang Maha Esa , Buatlah kata mutiara yang dapat mensugesti diri dan teman temanmu dimana  kita harus percaya bahwa setiap keberrhasilan yang kita raih dalam belajar karena anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
JAWABAN
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

INSTRUMENT EVALUASI HASIL
(Penilaian Segera)
A.  Pemahaman Baru (  Understanding)
1.       Apakah yang dimaksud dengan motivasi intrinsik ?
2.       Apakah yang dimaksud dengan Motivasi ektrinsik ?
3.       Berikan 3  contoh  motivasi intrinsik !
4.       Berikan 3 contoh motivasi ektrinsik !

B. Perasaan Positif ( Comfort)
    Berilah tanda chek ( )  pada pernyataan yang sesuai
NO
PERNYATAAN
YA
TIDAK
1
Memiliki motivasi belajar itu penting karena dapat menjadi pendorong bagi kita dalam meraih prestasi belajar.


2
Memelihara motivasi belajar agar tetap tinggi akan bermanfaat bagi diri kita agar tidak malas-malasan dalam belajar


3
Saya senang mengerjakan PR walau sulit


4
Belajar membuat saya senang dan merasa bermartabat di banding anak yang malas-malasan



5
Saya mengulang pelajaran sepulang sekolah


6
Saya menanyakan materi pelajaran yang belum saya mengerti pada guru atau teman


7
Saya banyak membaca buku untuk mendalami materi pelajaran


8
Saya selalu mengerjakan tugas saya secara bersungguh-sungguh


9
Saya membaca berulang-ulang materi pelajaran  dan belum berhenti


10
Kalau nilai ulangan saya jelek saya belajar lebih giat


11
Soal-soal pelajaran yang sulit membuat saya tertantang untuk lebih giat belajar.


12
Saya selalu rutin belajar dirumah walau tidak di suruh


13
Jika mendapat  hadiah atau  pujian  karena prestasi yang bagus membuat saya  berusaha lebih giat


14
Saya selalu punya target meraih hasil belajar lebih baik dari sebelumnya


15
Saya akan berusaha keras mempertahankan dan meningkatkan prestasi belajar saya



C. Unjuk Kerja ( Action)
1. Buatlah rencana kegiatan untuk meningkatkan motivasi belajar dengan mengisi daftar berikut
a.      Nama kegiatan :  Bimbingan belajar/ les
b.      Tujuan kegiatan           : 
c.       Sasaran kegiatan          : 
d.      Tempat kegiatan          : 
e.      Sarana/Prasarana        : 
      f. Pihak yg dilibatkan        : 
2. Isilah lembar kerja berikut ini yang menunjukan aktivitas diri dalam mewujudkan motivasi belajar
LEMBAR KERJA UNTUK MENINGKATKAN UNJUK KERJA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Nama                         : ..................................................
Kelas              : ......................................................

NO
HARI/TGL
KeGIATAN
TTD
KETERANGAN
1
Senin,
.....
Membuat target pribadi dalam belajar

Target di tulis dikertas di konsultasikan ke guru BK dan dipasang di kamar
2







3






4






5








6








7











                                                                                                            Yogyakarta, .....................
Mengetahui
Guru BK                                                                                            peserta didik



………………………….                                                                   ………………………….


INSTRRUMEN PENILAIAN JANGKA PENDEK
( Dilakukan setelah 1 minggu sampai 1 bulan dengan monitoring perubahan perilaku konseli)

Kelas      :…………………………
Topik      : motivasi belajar

NO
ASPEK YANG DI NILAI/DIMONITOR
JUMLAH
TINDAK LANJUT
1
Siswa yang sering terlambat mengikuti pelajaran


2
Siswa sering tidak mengerjakan PR


3
Siswa nilai ulangan harian jelek/ dibawah KKM


4
Malas belajar


5
Sering tidak masuk sekolah


6
Siswa yang nilai ulangannya diatas KKM


7
Siswa  yang selalu hadir tidak pernah alpha


8
Siswa yang tidak pernah terlambat


9
Siswa yang selalu mengerjakan tugas


10
Siswa yang mengalami peningkatan nilai drastis


































INSTRUMENT PENILAIAN PROSES

NO
PROSES YANG DINILAI
HASIL PENGAMATAN
KETERANGAN
YA
TIDAK
A
Kesesuaiaan Program



1
Materi layanan sesuai dengan kebutuhan konseli



2
Materi layanan mengacu pada sumber yang jelas



3
Materi layanan sesuai dengan perkembangan konseli



B
Keterlaksanaan program



1
Program terlaksana sesuai dengan satlan/RPP



2
Waktu pelaksanaan sesuai dengan satlan/RPP



3
Metode yang digunakan variatif dan menarik



4
Menggunakan media layanan Bk



5
Langkah-langkah pelaksanaan lengkap meliputti pembukaan sampai evaluasi



C
Konseli / peserta didik Antusias




Peserta didik bertanya pada guru




Peserta didik menjawab pertanyaan guru




Peserta didik mengerjakan tugas yg diberikan guru



D
Kehadiran Peserta didik



1
Peserta didik hadir semua



2
Peserta didik hadir lebih dari 75 %



3
Peserta didik yang Tidak hadir lebih dari 25 %



E
Ketersediaan sarana prasarana



1
Meja kursi tempat peserta didik lengkap dan nyaman



2
Papan Tulis, alat tulis tersedia



3
Ruangan bersih dan nyaman



4
Instrumen dan buku sumber yang diperlukan tersedia



5
Pencahayaan ruangan mencukupi



F.
Dukungan terhadap mata pelajaran



1
Materi layanan mendukung semua mata pelajaran



2
Materi layanan hanya mendukung sebagian mata pelajaran















REFLEKSI (dilakukan secara lisan) SETELAH EVALUASI
1.       Apakah setelah diberikan layanan tentang motivasi belajar ada niat untuk meningkatkan motivasi belajar?
2.       Apakah materi tentang motivasi belajar yang disampaikan oleh guru Bk bermanfaat bagi pengembangan dirimu
3.       Apakah materi motivasi belajar yang diberikan guru BK akan kamu praktikan dalam kehidupan sehari-hari ?


































ANALISIS HASIL EVALUASI LAYANAN BK
TOPIK                            :  MOTIVASI BELAJAR
KELAS                            : 7 .......
NO
ASPEK YANG ANALISIS
JUMLAH
PRESENTASE
KETERANGAN
A
Pemahaman Baru ( Understanding)



1
Dapat mendefinisikan arti motivasi belajar



2
Memahami arti motivasi intrinsik



3
Memahami motivasi ektrinsik



4
Dapat memberikan contoh motivasi intrinsik dengan benar



5
Dapat memberikan contoh motivasi ektrinsik dengan benar



B
Perasaan Positif (Comfort)



1
Merasa Penting Memiliki motivasi belajar karena dapat menjadi pendorong  dalam meraih prestasi belajar.



2
Merasa bermanfaat Memelihara motivasi belajar agar tetap tinggi agar tidak malas-malasan dalam belajar



3
senang mengerjakan PR walau sulit



4
senang belajar  dan merasa bermartabat di banding anak yang malas-malasan



5
mengulang pelajaran sepulang sekolah



6
menanyakan materi pelajaran yang belum mengerti pada guru atau teman



7
banyak membaca buku untuk mendalami materi pelajaran



8
selalu mengerjakan tugas  secara bersungguh-sungguh



9
Membaca berulang-ulang materi pelajaran 
dan belum berhenti sebelum paham



10
Kalau nilai ulangan  jelek  belajar lebih giat



11
Soal-soal pelajaran yang sulit membuat  tertantang untuk lebih giat belajar.



12
 Rutin belajar dirumah walau tidak di suruh



13
Jika mendapat  hadiah atau  pujian  karena prestasi yang bagus membuat  lebih giat



14
Selalu punya target meraih hasil belajar lebih baik dari sebelumnya



C
Unjuk kerja / Tindakan (Action)




1
Membuat rencana kegiatan dengan tepat  dan lengkap



2
Membuat rencana kegiatan kurang  tepat dan  kurang lengkap



3
Tidak membuat rencana kegiatan



4
Memiliki unjuk kerja mempraktikan perilaku motivasi belajar dalam kehidupan sehari-hari



                                                                                                                        Yogyakarta, ……………………………….

Koordinator BK                                                                                         Guru BK

………………………….                                                                                                     ………………………………………………..































































TINDAK LANJUT
MENGIDENTIFIKASI MASALAH KONSELI YANG MEMILIKI MOTIVASI BELAJAR RENDAH

Pilihlah salah satu jawaban yang sesuai dengan keadaANMU
 1. Belajar menjadi beban buat saya
                a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
 2. Saya senang mengerjakan PR walau sulit
            a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
 3. Belajar menghambat aktivitas saya yang lain
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
 4. Belajar membuat saya senang
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
 5. Saya malas mengerjakan PR  atau tugas yang sulit
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
 6. Saya mengulang pelajaran sepulang sekolah
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
 7. Saya menanyakan materi pelajaran yang belum saya mengerti pada guru atau teman.
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
 8. Saya mendalami materi pelajaran dengan mempraktekan dalam kehidupan sehari-hari.
            a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
 9.  Saya banyak membaca buku untuk mendalami materi pelajaran
            a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
10. Kegiatan belajar saya lakukan disekolah saja
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
 11. Saya selalu mengerjakan tugas saya secara bersungguh-sungguh
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
 12. Jika sudah belajar berulang-ulang tidak juga mengerti saya tidak belajar lagi
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
13. Saya hanya belajar kalau ada PR saja
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
14. Saya giat belajar agar mendapat rangking I
            a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
15. Saya membaca berulang-ulang materi pelajaran  dan belum berhenti jika   belum mengerti.
            a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
16. Kalau nilai ulangan saya jelek saya belajar lebih giat.
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
17. Walau tidak mengerti saya cuek saja tidak ada niat untuk mendalami
            a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
18. Saat belajar saya berusaha berkonsentrasi agar cepat mengerti
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
19. Saya keberatan jika diberi banyak PR
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
20. Saya pelajari sendiri pelajaran yang belum saya mengerti
            a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
21. Saya tidak pernah main dengan teman-teman karena takut prestasi menurun
            a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
22. Saat kegiatan belajar mandiri saya memilih ngobrol dengan teman
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
23. Jika guru tidak menyuruh mengumpulkan PR/Tugas saya tidak mengerjakan PR atau tugas tersebut
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
24. Saya yakin prestasi saya lebih tinggi dari teman-teman sekelas.
            a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah

25. Saya tidak ingin kalah dalam belajar dengan teman-teman sekelas walau mereka punya fasilitas yang lebih lengkap.
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
26. Saya selalu giat belajar awalau hari libur, agar prestasi tetap tinggi.
            a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
27. Soal-soal pelajaran yang sulit membuat saya tertantang untuk lebih giat belajar.
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
28. Teman-teman saya bukan saingan yang sepadan dalam prestasi belajar.
            a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
29. Saya selalu rutin belajar dirumah walau tidak di suruh
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
30. Saya selalu memecahkan masalah belajar saya sendiri.
            a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
31.  Jika teman saya bisa berprestasi sayapun bisa berprestasi.
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
32.  Saya lebih mementingkan belajar daripada kegiatan lain.
            a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
33. Jika mendapat pujian dari guru karena prestasi yang bagus saya akan berusaha lebih giat.
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
34.  Saya hanya mau belajar kalau diberi hadiah oleh orang tua.
            a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
35  Belajar merupakan bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari hidup saya
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
36. Saya mempunyai target dalam belajar
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
37. Hadiah atau pujian membuat saya terlena dan semangat belajar jadi menurun
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
38.  Saya setuju dengan setiap hukuman yang diberikan guru
            a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
39.  Hadiah itu tidak penting bagi seorang siswa.
            a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
40.  Cita-cita saya akan tercapai hanya dengan belajar giat.
            a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
41. Saya senang bersaing dengan teman untuk mendapat nilai yang bagus
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
42. Persaingan tidak akan membuat saya rajin belajar tapi malah menambah musuh.
            a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
43. Walau guru suka memberi hukuman jika tidak mengerjakan PR, saya tetap malas mengerjakan PR.
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
44. Siswa yang tidak disiplin dalam belajar di sekolah tidak perlu diberi hukuman,karena melanggar hak asasi.
            a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
45.   Mempelajari ilmu pengetahuan tidak penting, lebih penting kalau kita pintar cari uang.
            a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
46. Saat mendapatkan penghargaan karena prestasi bagus, saya cenderung untuk belajar lebih giat agar prestasi saya tidak turun.
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
47. Saya yakin  jika giat belajar akan  bisa punya prestasi yang lebih baik dibanding teman yang malas belajar.
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
48.  Saya belajar asal-asalan aja tanpa target tertentu
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
49.  Untuk meraih cita-cita kita tidak perlu bersungguh-sungguh dalam belajar.
            a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah
50.  Saat saya bisa mencapai nilai ulangan paling tinggi diantara teman sekelas saya jadi lebih semangat untuk mempertahankan.
a. selalu                                               c. kadang-kadang
            b. sering                                              d. tidak pernah


No Kode: ..............   Kelas : ............   Tanda Tangan : ....................................
Terima Kasih
























1 komentar:

  1. maaf pak mau nanya..
    boleh bagi link film sitting duck nya?

    BalasHapus