Senin, 17 Agustus 2015

Konsentrasi Dalam Belajar

SATUAN LAYANAN (SATLAN)
BIMBINGAN DAN KONSELING

Satuan pendidikan                 
SMA Negeri 1 Singaparna
Kelas / Semester                   
12 / 2
Jumlah Pertemuan
2 X Pertemuan
Tugas Perkembangan 
·         Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi, dan kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karir dan melanjutkan pendidikan tinggi serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas.
Rumusan Kompetensi 
Memiliki kesadaran siswa dalam kemampuan konsentrasi dalam belajar

A
Topik / Materi
Konsentrasi Dalam Belajar
B
Bidang Bimbingan
Bidang Pengembangan Belajar
C
Jenis Layanan
Informasi
D
Fungsi Layanan
 Pencegahan  dan pemahaman
E
Tujuan Layanan
1.      Sikap
a. Sikap Spiritual
v  Peserta didik dapat mempraktikan sikap spiritual  (berdoa, bersyukur)
b. Sikap Sosial
v  Peserta didik dapat mempraktikan sikap tanggung jawab, sungguh, sungguh dan komunikatif

2.      Pengetahuan
    Konseli dapat :
a.       Menjelaskan dampak ketika tidak  berkonsentrasi dalam belajar
b.      Mengidaentifikasikan manfaat konsentrasi belajar
 3. Ketrampilan
1)      Mengidentifikasikan masalah-maslah yang mengganggu konsentrasi belajar
2)      Konseli dapat menentukan langkah-langkah meningkatkan konsentrasi belajar
F
Sasaran layanan
Kelas 12
G
Kegiatan
PERTEMUAN I
PERTEMUAN I
a. Pendahuluan 
1)      Guru BK mengucapkan salam dan Mengajak berdo’a bersama
2)      Guru BK mengecek kehadiran peserta didik
3)      Guru BK menyampaikan tujuan layanan BK

b. Kegiatan Inti
  1) Berfikir         
§  Peserta didik mengamati vidio dan gambar-gambar  tentang konsentrasi belajar yang baik
§  Peserta didik mengidentifikasikan manfaat konsentrasi belajar
  2) Merasa
§  Peserta didik menyampaikan perasaannya ketika tidak dapat berkonsentrasi belajar
  3) Bersikap
§  Peserta didik  mengembangkan sikap tanggung jawab, sungguh-sungguh dan komunikatif melalui diskusi untuk membahas dampak tidak konsentrasi dan manfaat konsentrasi
c. Penutup
1)      Guru BK menyampaikan pengumuman kegiatan layanan yang akan datang
2)      Guru menutup kegiatan

PERTEMUAN II
a. Pendahuluan 
1)      Guru BK mengucapkan salam dan Mengajak berdo’a bersama
2)      Guru BK mengecek kehadiran peserta didik
3)      Guru BK menyampaikan tujuan layanan BK

b. Kegiatan Inti
1)      Bertindak
§  Peserta didik mengidentifikasi masalah-masalah yang mengganggu konsentrasi

2)      Bertanggung jawab
§  Peserta didik melatih konsentrasi melalui game bersama guru
§  Peserta didik menentukan langkah-langkah meningkatkan konsentrasi dalam belajar
         3)  Evaluasi
c.  Penutup
1)      Guru BK menyimpulkan kegiatan dan melakukan refleksi
2)      Guru menutup kegiatan

1.      Metode & Teknik
Diskusi, Observasi , pemberian tugas, game
2.      Materi Layanan

1)      Langkah-langkah  meningkatkan konsentrasi dalam belajar
2)      manfaat konsentrasi belajar
3)      dampak tidak konsentrasi belajar
3.      Sumber bahan
http://windapuspita77.blogspot.com/2012/11/teknik-meningkatkan-konsentrasi-dalam.html | Senin, 23 Desember 2013 | 7:59 |
H
Tempat Layanan
Ruang kelas
I
Waktu
2 X 40 menit
Minggu Ke / Semester
Minggu ke  3-4 januari 2016
J
Pelaksana
Guru BK
K
Pihak Yang Berperan Serta
-
L
Alat Dan Perlengkapan
Laptop, LCD, koran
M
Rencana Penilaian
1. Penilaian hasil
a.       Penilaian Segera ( Laiseg)
v  Pemahaman baru  ( Understanding)
v  Perasaan  Positif (Comfort)
v  Rencana Tindakan dan unjuk kerja ( Action)
b.      Penilaian Jangka pendek (Laijapen)
v  Memonitor motivasi belajar peserta didik
2. Penilaian Proses
 a.   Kesesuaian program
 b.   Keterlaksanaan program
 c.   Antusiasme peserta didik/konseli
 c.   Kehadiran Peserta didik/konseli
 d.   Ketersedian sarana/prasarana
 e.   Dukungan terhadap mata pelajaran

Instrument penilaian
Lembar Eavaluasi hasil dan evaluasi proses ( terlampir)
Tindak Lanjut
Memberikan layanan lain yang sesuai untuk anak yang mengalami gangguan konsentrasi
N
Catatan Khusus
-


Memeriksa dan Menyetujui
Kepala Sekolah,


Drs.Anda Sujana, M.Pd
NIP. 19600507 198903 1 004

Tasikmalaya,  14 Januari 2016
Konselor


Apep Zenal Mustofa, M.Pd
NIP. 19740105 2005011011



                                                                          
Meningkatkan Konsentrasi Belajar

Mungkin pada saat ini anda sering merasa kesulitan untuk berkonsentrasi dan memfokuskan pikiran. Masalah yang datang secara bertubi-tubi, seperti masalah keluarga, keuangan ataupun pekerjaan merupakan ancaman yang dapat memecahka konsentrasi anda. Bahkan hal-hal sepele seperti anak-anak yang saling berteriak, bunyi telepon berdering atupun suara televisi yang terdengar kencang juga dapat mengacaukan perhatian sehingga anda sulit untuk tetap fokus terhadap suatu pekerjaan yang anda sedang  anda lakukan.
Adapun tips yang dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi adalah :
Ø  Tidur
Meskipun terdengar sangat sederhana namun kekurangan waktu tidur dapt menimbulkan beberapa konsekuensi, salah satunya adalah melemahnya kemampuan anda untuk fokus terhadap sesutu. Rasa lelah akibat kurang tidur mempengaruhi produksi unsur kimia pada otak yang secara otomatis dapat mengurangi daya konsentrasi dan membuat anda menjadi pelupa.
Ø  Hindari Strees
Ketika anda merasa tertekan dan mengalami stress, otak akan melepaskan hormone stres yang berdampak pada kemampuan otak dalam berkonsentrasi. Sudah pasti hal ini akan mempengaruhi tingkat memori dan kemampuan daya fokus anda terhadap sesuatu.
Ø  Mengkonsumsi Makanan Sehat Itu Penting
Jenis makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah-buahan dan sayur mayur merupakan sumber makanan bergizi bagi kebutuhan sel otak. Karena itu, sangat penting untuk mengkonsumsi setidakya 6 jenis makanan sehat setiap harinya, termasuk juga cemilan sehat. Rasa lapar yang berdampak pada produksi gula darah, juga dapat menghalangi kemampuan anda dalam berkonsentrasi.
Ø  Latih Pikiran Anda
Agar pikiran anda tetap tajam, latihlah otak dengan menoba melakukan permainan puzzle atau jenis permainan lainnya yang bisa membantu stimulasi otak. Aktivitas ini dapat membantu membangun ketahan mental dan membuat anda lebih fokus dan mudah berkonsentrasi meskipun anda sedang berhadapan dengan pekerjaan yang menumpuk atau mengalami gangguan lainnya.
Ø  Berolahraga
Para peneliti mengugkapkan bahwa individual yang rajin melakukan aktivitas olahraga lebih mudah memfokuskan diri serta memiliki konsentrasi yang lebih baik daripada mereka yang tidak melakukan olahraga. Lakukan olahraga seperti berjalan atau berlari menaiki dan menuruni tangga. Terlalu lama berada di depan komputer tidak akan membuat anda fokus terhadap suatu pekerjaan. Melatih otak dan tubuh adalah hal yang dapat membuat anda lebih mudah untuk fokus dan berkonsentrasi.




INSTRUMENT EVALUASI HASIL
(Penilaian Segera)

A.  Pemahaman Baru (  Understanding)
a.       Bagaimana cara meningkatkan konsentrasi dalam belajar yang baik?
b.      Apa dampak tidak konsentrasi belajar
c.       Sebutkan penyebab tidak  konsentrasi belajar

B. Perasaan Positif ( Comfort)
    Berilah tanda chek ( )  pada pernyataan yang sesuai
NO
PERNYATAAN
YA
TIDAK
1
Saya sering merasa malas untuk belajar


2
Saya tidak bisa belajar di tempat bising


3
Saya sering tidak fokus dalam mengerjakan ujian


4
Saya tidak pernah belajar


5
Saya sering malas untuk belajar


6
Saya tidak bisa belajar dalam keadaan berisik


7
Saya kurang tahu bagaimana meningkatkan belajar yang baik


8
Saya tidak bisa semangat dalam belajar


9
Saya merasa tidak bisa konsentrasi untuk belajar


10
Saya senang berorganisasi


11
Saya belajar giat agar juara kelas


12
Saya lebih senang mendengarkan musik


13
Saya belajar dengan berkelompok


14
Kalau nilai ulangan saya jelek saya belajar lebih giat


15
Saya selalu rutin belajar dirumah walau tidak di suruh






C. Action)
1.      Identifikasikan masalah yang mengganggu konsentrasi belajar
2.      Tentukanlah langkah-langkah meningkatkan konsentrasi belajar
3.       
                              INSTRRUMEN PENILAIAN JANGKA PENDEK
( Dilakukan setelah 1 minggu sampai 1 bulan dengan monitoring perubahan perilaku konseli)

Kelas    :
Topik  : Meningkatkan konsentrasi dalam belajar

NO
ASPEK YANG DI NILAI/DIMONITOR
JUMLAH
TINDAK LANJUT
1
Siswa sering tidak fokus dengan pelajaran yang diterangkan


2
Siswa sering tidur dikelas


3
Siswa lalai mengerjakan tugas


4
Nilai ulangan menurun


5
Malas belajar


6
Membolos


7
Siswa selalu rajin belajar


8
Siswa sering memperhatikan pelajaran


9
Siswa yang mengalami peningkatan nilai drastis


10
Ssiwa rajin sekolah

















INSTRUMENT PENILAIAN PROSES

NO
PROSES YANG DINILAI
HASIL PENGAMATAN
KETERANGAN
YA
TIDAK
A
Kesesuaiaan Program



1
Materi layanan sesuai dengan kebutuhan konseli



2
Materi layanan mengacu pada sumber yang jelas



3
Materi layanan sesuai dengan perkembangan konseli



B
Keterlaksanaan program



1
Program terlaksana sesuai dengan satlan/RPP



2
Waktu pelaksanaan sesuai dengan satlan/RPP



3
Metode yang digunakan variatif dan menarik



4
Menggunakan media layanan Bk



5
Langkah-langkah pelaksanaan lengkap meliputti pembukaan sampai evaluasi



C
Konseli / peserta didik Antusias




Peserta didik bertanya pada guru




Peserta didik menjawab pertanyaan guru




Peserta didik mengerjakan tugas yg diberikan guru



D
Kehadiran Peserta didik



1
Peserta didik hadir semua



2
Peserta didik hadir lebih dari 75 %



3
Peserta didik yang Tidak hadir lebih dari 25 %



E
Ketersediaan sarana prasarana



1
Meja kursi tempat peserta didik lengkap dan nyaman



2
Papan Tulis, alat tulis tersedia



3
Ruangan bersih dan nyaman



4
Instrumen dan buku sumber yang diperlukan tersedia



5
Pencahayaan ruangan mencukupi



F.
Dukungan terhadap mata pelajaran



1
Materi layanan mendukung semua mata pelajaran



2
Materi layanan hanya mendukung sebagian mata pelajaran
































REFLEKSI (dilakukan secara lisan) SETELAH EVALUASI
1.      Apakah setelah diberikan layanan tentang meningkatkan konsentrasi dalam belajar dapat merubah kebiasaan belajar yang buruk menjadi baik?
2.      Apakah materi tentang meningkatkan konsentrasi belajar yang disampaikan oleh guru Bk bermanfaat untuk meningkatkan prestasi belajar dirimu?
3.      Apakah hal positif dan manfaat dari materi meningkatkan konsentrasi belajar yang diberikan guru BK akan kamu praktikan dalam kehidupan sehari-hari ?





Tidak ada komentar:

Posting Komentar