SATUAN LAYANAN (SATLAN)
BIMBINGAN
DAN KONSELING
Satuan
pendidikan
|
SMA Negeri 1 Singaparna
|
Kelas /
Semester
|
12 / 2
|
Jumlah
Pertemuan
|
2 X Pertemuan
|
Tugas
Perkembangan
|
·
Mengembangkan penguasaan ilmu,
teknologi, dan kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karir dan
melanjutkan pendidikan tinggi serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang
lebih luas.
|
Rumusan
Kompetensi
|
Memiliki
kesadaran siswa dalam kemampuan konsentrasi dalam belajar
|
A
|
Topik / Materi
|
Konsentrasi Dalam Belajar
|
B
|
Bidang
Bimbingan
|
Bidang Pengembangan Belajar
|
C
|
Jenis Layanan
|
Informasi
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pencegahan
dan pemahaman
|
E
|
Tujuan Layanan
|
1. Sikap
a. Sikap
Spiritual
v Peserta
didik dapat mempraktikan sikap spiritual
(berdoa, bersyukur)
b. Sikap
Sosial
v Peserta
didik dapat mempraktikan sikap tanggung jawab, sungguh,
sungguh dan komunikatif
2.
Pengetahuan
Konseli
dapat :
a. Menjelaskan dampak ketika tidak berkonsentrasi dalam belajar
b. Mengidaentifikasikan manfaat
konsentrasi belajar
3. Ketrampilan
1) Mengidentifikasikan masalah-maslah yang mengganggu
konsentrasi belajar
2) Konseli dapat menentukan langkah-langkah
meningkatkan konsentrasi belajar
|
F
|
Sasaran
layanan
|
Kelas 12
|
G
|
Kegiatan
|
|
PERTEMUAN I
|
PERTEMUAN I
a.
Pendahuluan
1) Guru BK mengucapkan
salam dan Mengajak berdo’a bersama
2) Guru BK mengecek kehadiran peserta didik
3) Guru BK menyampaikan tujuan layanan BK
b. Kegiatan Inti
1) Berfikir
§ Peserta didik mengamati
vidio dan gambar-gambar tentang konsentrasi
belajar yang baik
§ Peserta didik mengidentifikasikan manfaat
konsentrasi belajar
2) Merasa
§ Peserta didik menyampaikan perasaannya ketika tidak
dapat berkonsentrasi belajar
3) Bersikap
§ Peserta didik mengembangkan sikap tanggung jawab, sungguh-sungguh dan komunikatif
melalui diskusi untuk membahas dampak tidak konsentrasi dan manfaat konsentrasi
c. Penutup
1) Guru
BK menyampaikan pengumuman kegiatan layanan yang akan
datang
2) Guru menutup kegiatan
PERTEMUAN II
a.
Pendahuluan
1)
Guru BK mengucapkan
salam dan Mengajak berdo’a bersama
2) Guru BK mengecek kehadiran peserta didik
3) Guru BK menyampaikan tujuan layanan BK
b. Kegiatan Inti
1) Bertindak
§ Peserta didik mengidentifikasi masalah-masalah yang
mengganggu konsentrasi
2)
Bertanggung jawab
§ Peserta didik melatih konsentrasi melalui game
bersama guru
§ Peserta didik menentukan langkah-langkah
meningkatkan konsentrasi dalam belajar
3) Evaluasi
c. Penutup
1) Guru
BK menyimpulkan kegiatan dan melakukan refleksi
2) Guru menutup kegiatan
|
|
1. Metode
& Teknik
|
Diskusi, Observasi , pemberian tugas, game
|
|
2. Materi
Layanan
|
1)
Langkah-langkah meningkatkan konsentrasi dalam belajar
2)
manfaat konsentrasi belajar
3)
dampak
tidak konsentrasi belajar
|
|
3. Sumber bahan
|
http://windapuspita77.blogspot.com/2012/11/teknik-meningkatkan-konsentrasi-dalam.html
| Senin, 23 Desember 2013 | 7:59 |
|
|
H
|
Tempat Layanan
|
Ruang kelas
|
I
|
Waktu
|
2 X 40 menit
|
Minggu Ke /
Semester
|
Minggu ke 3-4 januari 2016
|
|
J
|
Pelaksana
|
Guru BK
|
K
|
Pihak Yang
Berperan Serta
|
-
|
L
|
Alat Dan
Perlengkapan
|
Laptop, LCD, koran
|
M
|
Rencana
Penilaian
|
1. Penilaian hasil
a.
Penilaian
Segera ( Laiseg)
v Pemahaman baru
( Understanding)
v Perasaan
Positif (Comfort)
v Rencana Tindakan dan unjuk kerja ( Action)
b.
Penilaian
Jangka pendek (Laijapen)
v Memonitor motivasi belajar peserta didik
2. Penilaian Proses
a. Kesesuaian program
b. Keterlaksanaan program
c. Antusiasme peserta didik/konseli
c. Kehadiran Peserta didik/konseli
d. Ketersedian sarana/prasarana
e. Dukungan terhadap mata pelajaran
|
Instrument penilaian
|
Lembar Eavaluasi hasil dan evaluasi proses ( terlampir)
|
|
Tindak Lanjut
|
Memberikan layanan lain yang sesuai untuk anak yang
mengalami gangguan konsentrasi
|
|
N
|
Catatan Khusus
|
-
|
Memeriksa dan Menyetujui
Kepala Sekolah,
Drs.Anda
Sujana, M.Pd
NIP. 19600507 198903 1 004
|
Tasikmalaya,
14 Januari
2016
Konselor
Apep Zenal
Mustofa, M.Pd
NIP. 19740105 2005011011
|
Meningkatkan
Konsentrasi Belajar
Mungkin pada saat ini
anda sering merasa kesulitan untuk berkonsentrasi dan memfokuskan pikiran.
Masalah yang datang secara bertubi-tubi, seperti masalah keluarga, keuangan
ataupun pekerjaan merupakan ancaman yang dapat memecahka konsentrasi anda.
Bahkan hal-hal sepele seperti anak-anak yang saling berteriak, bunyi telepon
berdering atupun suara televisi yang terdengar kencang juga dapat mengacaukan
perhatian sehingga anda sulit untuk tetap fokus terhadap suatu pekerjaan yang
anda sedang anda lakukan.
Adapun tips yang dilakukan untuk
meningkatkan konsentrasi adalah :
Ø Tidur
Meskipun terdengar sangat
sederhana namun kekurangan waktu tidur dapt menimbulkan beberapa konsekuensi,
salah satunya adalah melemahnya kemampuan anda untuk fokus terhadap sesutu.
Rasa lelah akibat kurang tidur mempengaruhi produksi unsur kimia pada otak yang
secara otomatis dapat mengurangi daya konsentrasi dan membuat anda menjadi
pelupa.
Ø Hindari Strees
Ketika anda merasa tertekan dan
mengalami stress, otak akan melepaskan hormone stres yang berdampak pada
kemampuan otak dalam berkonsentrasi. Sudah pasti hal ini akan mempengaruhi
tingkat memori dan kemampuan daya fokus anda terhadap sesuatu.
Ø Mengkonsumsi Makanan
Sehat Itu Penting
Jenis makanan yang kaya akan
antioksidan seperti buah-buahan dan sayur mayur merupakan sumber makanan bergizi
bagi kebutuhan sel otak. Karena itu, sangat penting untuk mengkonsumsi
setidakya 6 jenis makanan sehat setiap harinya, termasuk juga cemilan sehat.
Rasa lapar yang berdampak pada produksi gula darah, juga dapat menghalangi
kemampuan anda dalam berkonsentrasi.
Ø Latih Pikiran Anda
Agar pikiran anda tetap tajam,
latihlah otak dengan menoba melakukan permainan puzzle atau jenis permainan
lainnya yang bisa membantu stimulasi otak. Aktivitas ini dapat membantu
membangun ketahan mental dan membuat anda lebih fokus dan mudah berkonsentrasi
meskipun anda sedang berhadapan dengan pekerjaan yang menumpuk atau mengalami
gangguan lainnya.
Ø Berolahraga
Para peneliti mengugkapkan bahwa
individual yang rajin melakukan aktivitas olahraga lebih mudah memfokuskan diri
serta memiliki konsentrasi yang lebih baik daripada mereka yang tidak melakukan
olahraga. Lakukan olahraga seperti berjalan atau berlari menaiki dan menuruni
tangga. Terlalu lama berada di depan komputer tidak akan membuat anda fokus
terhadap suatu pekerjaan. Melatih otak dan tubuh adalah hal yang dapat membuat
anda lebih mudah untuk fokus dan berkonsentrasi.
INSTRUMENT EVALUASI HASIL
(Penilaian Segera)
A. Pemahaman
Baru ( Understanding)
a.
Bagaimana cara meningkatkan
konsentrasi dalam belajar yang baik?
b. Apa dampak tidak konsentrasi belajar
c. Sebutkan
penyebab tidak konsentrasi belajar
B. Perasaan Positif ( Comfort)
Berilah tanda chek ( √ ) pada pernyataan yang
sesuai
NO
|
PERNYATAAN
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Saya sering merasa malas untuk belajar
|
|
|
2
|
Saya tidak bisa belajar di tempat
bising
|
|
|
3
|
Saya sering tidak fokus dalam
mengerjakan ujian
|
|
|
4
|
Saya tidak
pernah belajar
|
|
|
5
|
Saya sering malas untuk belajar
|
|
|
6
|
Saya tidak bisa belajar dalam
keadaan berisik
|
|
|
7
|
Saya kurang tahu bagaimana
meningkatkan belajar yang baik
|
|
|
8
|
Saya tidak
bisa semangat dalam belajar
|
|
|
9
|
Saya merasa tidak bisa konsentrasi
untuk belajar
|
|
|
10
|
Saya senang berorganisasi
|
|
|
11
|
Saya belajar giat agar juara
kelas
|
|
|
12
|
Saya lebih senang mendengarkan
musik
|
|
|
13
|
Saya belajar dengan berkelompok
|
|
|
14
|
Kalau nilai
ulangan saya jelek saya belajar lebih giat
|
|
|
15
|
Saya selalu
rutin belajar dirumah walau tidak di suruh
|
|
|
C. Action)
1.
Identifikasikan masalah yang mengganggu konsentrasi belajar
2.
Tentukanlah langkah-langkah meningkatkan konsentrasi
belajar
3.
INSTRRUMEN
PENILAIAN JANGKA PENDEK
( Dilakukan setelah 1 minggu sampai 1 bulan dengan
monitoring perubahan perilaku konseli)
Kelas
:
Topik
: Meningkatkan
konsentrasi dalam belajar
NO
|
ASPEK YANG DI NILAI/DIMONITOR
|
JUMLAH
|
TINDAK LANJUT
|
1
|
Siswa sering tidak fokus dengan pelajaran
yang diterangkan
|
|
|
2
|
Siswa sering tidur
dikelas
|
|
|
3
|
Siswa lalai mengerjakan tugas
|
|
|
4
|
Nilai ulangan
menurun
|
|
|
5
|
Malas belajar
|
|
|
6
|
Membolos
|
|
|
7
|
Siswa selalu
rajin belajar
|
|
|
8
|
Siswa sering
memperhatikan pelajaran
|
|
|
9
|
Siswa yang mengalami peningkatan nilai drastis
|
|
|
10
|
Ssiwa rajin
sekolah
|
|
|
INSTRUMENT PENILAIAN PROSES
NO
|
PROSES YANG DINILAI
|
HASIL PENGAMATAN
|
KETERANGAN
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
A
|
Kesesuaiaan Program
|
|
|
|
1
|
Materi layanan sesuai dengan kebutuhan konseli
|
|
|
|
2
|
Materi layanan mengacu pada sumber yang jelas
|
|
|
|
3
|
Materi layanan sesuai dengan perkembangan konseli
|
|
|
|
B
|
Keterlaksanaan program
|
|
|
|
1
|
Program terlaksana sesuai dengan satlan/RPP
|
|
|
|
2
|
Waktu pelaksanaan sesuai dengan satlan/RPP
|
|
|
|
3
|
Metode yang digunakan variatif dan menarik
|
|
|
|
4
|
Menggunakan media layanan Bk
|
|
|
|
5
|
Langkah-langkah pelaksanaan lengkap meliputti pembukaan sampai
evaluasi
|
|
|
|
C
|
Konseli / peserta didik Antusias
|
|
|
|
|
Peserta didik bertanya pada guru
|
|
|
|
|
Peserta didik menjawab pertanyaan guru
|
|
|
|
|
Peserta didik mengerjakan tugas yg diberikan guru
|
|
|
|
D
|
Kehadiran Peserta didik
|
|
|
|
1
|
Peserta didik hadir semua
|
|
|
|
2
|
Peserta didik hadir lebih dari 75 %
|
|
|
|
3
|
Peserta didik yang Tidak hadir lebih dari 25 %
|
|
|
|
E
|
Ketersediaan sarana prasarana
|
|
|
|
1
|
Meja kursi tempat peserta didik lengkap dan nyaman
|
|
|
|
2
|
Papan Tulis, alat tulis tersedia
|
|
|
|
3
|
Ruangan bersih dan nyaman
|
|
|
|
4
|
Instrumen dan buku sumber yang diperlukan tersedia
|
|
|
|
5
|
Pencahayaan ruangan mencukupi
|
|
|
|
F.
|
Dukungan terhadap mata pelajaran
|
|
|
|
1
|
Materi layanan mendukung semua mata pelajaran
|
|
|
|
2
|
Materi layanan hanya mendukung sebagian mata pelajaran
|
|
|
|
REFLEKSI (dilakukan secara lisan) SETELAH EVALUASI
1.
Apakah setelah
diberikan layanan tentang meningkatkan
konsentrasi dalam belajar dapat merubah kebiasaan belajar yang buruk menjadi
baik?
2.
Apakah materi
tentang meningkatkan konsentrasi belajar yang disampaikan oleh guru Bk bermanfaat untuk
meningkatkan prestasi belajar dirimu?
3.
Apakah
hal positif dan manfaat dari materi meningkatkan
konsentrasi belajar yang diberikan
guru BK akan kamu praktikan dalam kehidupan sehari-hari ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar